Otogreat-Surabaya. Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan

Cari Berita Lain

Otogreat

Kamis, 14 Agustus 2008

cara kerja MESIN 4 TAK(four stroke)

Mengapa mesin disebut 4 tak, karena memang ada 4 langkah. berikut cara kerja na...

1. Intake/hisap
Disebut langkah intake/hisap karena langkah pertama adalah menghisap melalui piston dari karburator. Pasokan bahan bakar tidak cukup hanya dari semprotan karburator. Cara kerjanya adalah sbb. Piston pertama kali berada di posisi atas (atau disebut Titik Mati Atas/TMA). Lalu piston menghisap bahan bakar yang sudah disetting/dicampur antara bensin dan udara di karburator. Piston lalu mundur menghisap bahan bakar. Untuk membuka, diperlukan klep atau valve inlet yang akan membuka pada saat piston turun/menghisap ke arah bawah.

Gerakan valve atau inlet diatur oleh camshaft secara mekanis. Yakni, camshaft mengatur besaran bukaan klep dengan cara menekan tuas klep. Camshaft sendiri digerakan oleh rantai keteng yang disambungkan antara camshaft ke crankshaft.beberapa mobil Eropa seperti Mercedez menggunakan rantai sebagai penghubung antara crankshaft dan camshaft, tetapi umumnya di mobil Jepang menggunakan belt yang kita kenal sebagai timing belt.

2. Kompresi
Langkah ini adalah lanjutan dari langkah di atas. Setelah piston mencapai titik terbawah di tahapan intake, lalu valve intake tertutup, dan dilakukan proses kompresi. Yakni, bahan bakar yang sudah ada di ruang bakar dimampatkan. Ruangan sudah tertutup rapat karena kedua valve (intake dan exhaust) tertutup. Proses ini terus berjalan sampai langkah berikut yakni meledaknya busi di langkah ke 3.


3. Combustion (Pembakaran)
Tahap berikut adalah busi pada titik tertentu akan meledak setelah PISTON BERGERAK MENCAPAI TITIK MATI ATAS DAN MUNDUR BEBERAPA DERAJAT. Jadi, busi tidak meledak pada saat piston di titik paling atas (disebut titik 0 derajat), tetapi piston mundur dulu, baru meledak. Hal ini karena untuk menghindari adanya energi yang terbuang sia-sia karena pada saat piston di titik mati atas, masih ada energi laten (yang tersimpan akibat dorongan proses kompresi). Jika pada titik 0 derajat busi meledak, bisa jadi piston mundur tetapi mengengkol crankshaft ke arah belakang (motor mundur ke belakang, bukan memutar roda ke depan).
Setelah proses pembakaran, maka piston memiliki energi untuk mendorong crankshaft yang nantinya akan dialirkan melalui gearbox dan sproket, rantai, dan terakhir ke roda.



4. Exhaust (Pembuangan)
Langkah terakhir ini dilakukan setelah pembakaran. Piston akibat pembakaran akan terdorong hingga ke titik yang paling bawah, atau disebut Titik Mati Bawah(TMB). Setelah itu, piston akan mendorong ke depan dan klep exhaust membuka sementara klep intake tertutup. Oleh karena itu, maka gas buang akan terdorong masuk ke lubang Exhaust Port (atau kita bilang lubang sambungan ke knalpot). Dengan demikian, maka kita bisa membuang semua sisa gas buang akibat pembakaran. Dan setelah bersih kembali, lalu kita akan masuk lagi mengulangi langkah ke 1 lagi.

ga afdol klo ga ada ilustrasi nya..



Leia mais...

Selasa, 12 Agustus 2008

turbo charger



mesin turbo supercharger, dia jalannya nyambung langsung ama engine pulleys... jadi ga ada turbo lag sama sekali, turbo langsung jalan begitu mesin narik... itu baru kerasa tarikannya bow....

pake turbo/supercharger, jgn lupa utk memperkuat bagian2 internal mesin, seperti piston, piston shaft, dan crankshaft (beli racing parts) karena kalo kamu pake turbo dan tidak ganti parts2 itu, lama2 piston + piston shaft + crankshaft kamu ga kuat dan lepas dari engselnya... hasilnya? piston keluar dari mesin ahhahah atau piston shaft patah atau crankshaft patah... biasanya org beli turbo/supercharger trus di pasang mikir cuman itu doang stepnya.... tapi bagian2 lain juga perlu di perkuat, apalagi kalo mesin kamu asalnya itu NA (naturally aspirated) bukan turbo...

Leia mais...

shogun MODIF

Shogun R 110CC 1997
yang di modif:
Karbu: pake punya RX-King
Manifold: custom dari Honda Win
Exhaust: custom made in EBES (kekekekeeeee..... sebutan buat mekaniknya, EBES = bapak dalam bahasa jawa timur)
Noken as: custom juga made in EBES, kekekekeeeee....
busi: Spitfire

terus2, penampilannya standar, cuman kaki2 depan belakang di pendekin
yang belakang dudukannya agak di mundurin, terus pake pelek Rossi yang kecil (ukuran berapa lupa) warna silver, bannya pake dunlop....

hmmm..... itu doank yang inget....
bener2 nostalgia ne....
sekarang motornya dah masuk musium, alias uda ngga bisa dipake lagi, kekekekeeeeeeeeee....
dah kapok dah ngemodif2 gitu, bensin ngocor terusss.... harus pake pertamax lagi...
kacaw bener2 kacaw dahhhh....

thread ini jadi thread nostalgia buat gw nee..... heheheeeeeeee....

Leia mais...

CARA kerja piston

Image cara kerja piston + cam shaft + intake/exhaust valves

Leia mais...

BEDANYA PISTON REM DENGAN PISTON ENGINE

mungkin kalian penasaran, rem mobil itu kenapa ada yg 4 piston/6 piston/12 piston? atau... piston itu apa sih?
1. close gearing itu apa keuntungannya? kenapa kalo racing gearnya hrs gitu? kalo gua pikir2 kan gak enak, bentar2 ganti gigi2 terus, nanti lama2 giginya bisa ompong!!

2. flywheel itu apaan? apa kalo wheel ini dipasang mobil bisa nge-fly?

3. wotehel is toe angle & camber angle? fallen_angel pasti juga gak tahu!:wink:

Flywheel atau roda gila atau roda gaya pasti ada pada setiap mesin, berbentuk piringan dan terpasang pada kruk as/ crankshaft gunanya memutar kruk as menaikkan piston mesin sampai tma (titik mati atas) menyelesaikan langkah buang, membawa kembali piston ke tmb(titik mati bawah) guna menghisap uadra ke mesin lalu menaikan piston ke tma lagi (langkah kompresi) tanpa flywheel sisa momentum pada kruk as/crankshaft yang didapat setelah penyalaan/ignition (langkah tenaga) tidak akan cukup untuk membawa piston menyelesaikan langkah buang, langkah hisap dan langkah kompresi.
Pada mesin multi silinder mungkin mesin bisa hidup tanpa flywheel karena tenaga untuk menyelesaikan 3 langkah setelah langkah tenaga bisa didapat dari silinder yang lain, tetapi putaran mesin tidak bisa rata.

Flywheel kompetisi biasa lebih ringan dari standar agar mesin lebih responsif tetapi dengan resiko putaran mesin sulit untuk rata

Leia mais...

PEMBUKAAN BLOG OTOGREAT



k-mee morid dari smk PGRI4 memBUat
blog ini dengan tempo yg sesingkat2 nya

halah.... kayak proklamsi ajaa!!!!!!!!!
inti nya aja
dengan banyaknya teman2 k-mee fun/suka
hobby otomotif.saya selaku Mewakili teman2 pembuat blog ini sudah resmi di buat

Leia mais...

  ©Otogreat Surabaya (otomotif smk pgri 4) - Todos os direitos reservados.

Template by Dicas Blogger | Topo